TUGAS TEKNIK DIGITAL

Nama : Dwi Humaira Hafizah Faturahma

NIM : 202131098

Kelas : F


STUDI KASUS TEKNOLOGI DIGITAL

1. Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus : Pemasaran Produk Adi Upakara

  • I Nyoman Tri Anindia PutraJurusan Teknik Informatika STMIK STIKOM Indonesia
  • Ketut Sepdyana KartiniJurusan Teknik Informatika STMIK STIKOM Indonesia
  • Luh Gede Kusuma DewiJurusan Ekonomi dan Akuntansi, Universitas Pendidikan Ganesha
Abstract 
Pelaksanaan upacara dalam Agama Hindu tidak lepas dari upakara/banten. Di Banjar Pondok Kelod, Desa Gadungan Kecamatan Selemadeg Timur terdapat kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bidang pembuatan banten. Usaha yang dijalani sejak tahun 2010 hanya menggunakan sistem pre order (membuat bila ada pesanan). Berdasarkan hasil wawancara permasalah yang di alami mitra adalah pemasaran produk masih sangat terbatas. Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mitra dalam bentuk, teknik pemasaran dengan sentuhan Digital Bisnis serta menyempurnakan pengetahuan mitra tentang pemanfaatan Teknologi Informasi yang digunakan untuk membantu UKM dalam memasarkan produk. Adapun kegiatan mulai dari pelatihan pengambilan gambar menggunakan smartphone sampai pada proses unggah ke dalam sosial media telah berjalan dengan baik dan menghasilkan luaran berupa Akun Sosial media (Facebook dan Instagram) serta memperkenalkan website telah berhasil dibuat dan dioperasikan untuk umkm. 
Kata Kunci: Sosial Media, Digital Bisnis, PKM, Sistem Informasi

sumber : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJNSE/article/view/22225 

2. PERAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA STRATEGI PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI UMKM DI INDONESIA
Devi Krisnawati

ABSTRACT

The aim of this study is to describe the interchanging role of digital marketing and traditional marketing as the key marketing strategi and marketing mix of the Small Medium Enterprise in Indonesia. The study using qualitative descriptive methods with case study ‘Kepiting Nyinyir’, one of Small Medium Enterprise in Jakarta. The result of this study found significant role of digital technology supported the distribution channel of Small Medium Enterprise to expand the business. Digital marketing as the new concept and perspective is interchanging the role of traditional marketing by balancing online and offline activities. The interchanging role of digital marketing and traditional marketing showed shifting in marketing strategy, from segmentation and targeting to customer community confirmation, brand positioning & differentiation to brand clarification of character and codification, tactical marketing mix (product, place, price & promotion) to connected marketing mix (co-creation, communal activation, currency & conversation).
KEYWORDS
Digital Tecnology; Marketing Strategy; Distribution of UMKM; Strategi pemasaran; UMKM; Usaha Mikro Kecil Menengah

sumber : https://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JMBK/article/view/175/0


3. Studi Kasus Implementasi Konsep Digital Media dan Jurnalis Digital di NET.
Veronika 

Abstract

Perkembangan media sosial berpengaruh pada pola konsumsi informasi masyarakat. Data menunjukkan secara global mau pun di Indonesia bahwa angka pengakses informasi melalui media sosial terus meningkat. Sehingga sejumlah media dalam beberapa tahun ini mulai memanfaatkan platform digital seperti website, media sosial dan aplikasi. Dan juga yang turut menjadi perhatian media saat ini adalah medium yang digunakan. Masyarkat mulai tertarik menggunakan perangkat gawainya untuk mengakses internet. Menggunakan metode studi kasus, teknik pengambilan data berupa wawancara dan observasi penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana ciri tim digital NET. Gambarannya, ciri tim digital NET. Memiliki ciri yang khas sebagaimana konsep digital media milik Flew dan digital journalist dari Malik dan Shapiro. Tiga pilar utama yaitu tim, teknologi dan konten memiliki peran yang besar dalam perkembangan tim digital NET. Fungsi tim digital ini adalah fungsi public relation (kehumasan), fungsi marketing, fungsi promosi. Ditambah juga fungsi siaran yang kental ditemukan pada akun media sosial sejumlah Biro yang dimiliki NET.
Keywords
digital, journalist, media, televisi

sumber : http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/1745 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi Kasus Multiplexer dan Demultiplexer